TERNYATA SAYA CERDAS

 Materi BK untuk kelas VIII ke-11

Kecerdasan ialah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ.

Faktor-faktor yang memengaruhi kecerdasan, antara lain:

1. Faktor bawaan atau Biologis, Faktor ini ditentukan oleh sifat yang dibawa sejak lahir. Batas kesanggupan atau kecakapan dalam memecahkan masalah ditentukan oleh faktor bawaan.


2. Faktor minat dan pembawaan yang khas, Minat mengarahkan perbuatan kepada suatu tujuan dan merupakan dorongan bagi perbuatan itu.


3. Faktor pembentukan atau lingkungan, Pembentukan adalah segala keadaan di luar diri seseorang yang memengaruhi perkembangan intelegensi.


4.   Faktor kematangan, Tiap organ dalam tubuh manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan


5. Faktor kebebasan, Manusia dapat memilih metode tertentu dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Disamping kebebasan memilih metode, juga bebas dalam memilih masalah yang sesuai dengan kebutuhannya.

Dr. Howard Gardner mengembangkan teori macam-macam kecerdasan yang digunakan manusia untuk memecahkan masalahnya. Teori macam-macam kecerdasan tersebut meliputi :

1. Kecerdasan berbahasa (Linguistic Intelegence), Orang yang berbakat dalam bidang bahasa dapat mengerti dan menggunakan bahasa dengan mudah. Mereka gemar membaca, menulis, mengingat informasi, berbicara dan membuat kosa kata.


2. Kecerdasan Matematis-Logis (Logical-Mathematical Intelegence), Siswa tipe ini menggunakan angka dan konsep matematik dengan mudah. Mereka mamahami penjelasan abstrak dan sering tertarik pada IPA. Mereka dapat mengenali pola dan sering mempunyai cara yang tak biasa dalam memacahkan masalah, walaupun mereka tak dapat menjelaskan cara bekerja.


3.    Kecerdasan Spesial-Visual  (Visual-Spasial Intelegence), Siswa ini mengerti hubungan antara bentuk dan gambaran dalam berbagai ruang/bidang yang berbeda. Mereka dapat dengan mudah menggambarkan secara artistic atasapa yang mereka lihat.


4. Kecerdasan Ritmis-Musikal (Musical-Rhytmic Intelegence), Siswa ini sudah menjadi pembawaannya untuk selalu mendengar bunyi dan nada. Mereka mempunyai pemahaman yang sangat baik terhadap irama, mereka akan membuat “ketukan” setiap waktu dengan stik, pensil, kayu atau apa saja.


5. Kecerdasan Kinestik-Tubuh (Bodily-Kinesthetic Intelegence), Siswa yang memiliki kecerdasan Kinestetik-tubuh dapat bergerak dengan anggun, kuat dan lentur. Mereka mereka membutuhkan kesempatan untuk seringbergerak, dan biasanya mereka menyukai permainan yang menggunakan gerakan.


6. Kecerdasan interpersonal (Interpersonal Intelegence), Siswa dengan tipe ini dapat bekerjasama dengan baik dengan banyak orang dan memimpin mereka, ia mudah mengerti dan menanggapi perasaan orang lain.


7.    Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal Intelegence), Siswa dengan tipe ini memahami dirinya lebih baik dari orang lain. Mereka sangat termotivasi dengan tujuannya dan tidak terlalu peduli dengan apa yang orang lain piker mengenai dirinya. Mereka dapat belajar dengan baik dan dapat menghubungkan apa yang mereka ingin pelajari dengan apa yang telah ada dalam dirinya.


8.  KecerdasanNaturalis (Naturalist Intelegence), Siswa dengan kecerdasan ini memiliki pengetahuan yang mengagumkan mengenai alam, seperti flora dan fauna, mempunyai kemampuan dan kepekaan bagaimana suatu benda dapat dimasukkan kesuatu kategori. Mereka senang ikan, kebun memasak dan sangat teliti dalam mengamati apa yang menjadi perhatiannya.

Sumber :

https://mintotulus.wordpress.com/perangkat-susuai-pop-bk/materi-layanan-klasikal/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT MENJAGA KEBERSIHAN

BAHAYA ROKOK DAN DAMPAKNYA

Adab Sopan Mengirim Whatsapp (WA) Pada Guru