TERNYATA SAYA CERDAS
Materi BK untuk kelas VIII ke-11
Kecerdasan
ialah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat
pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar,
merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan,
menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif
yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri
yang biasa disebut sebagai tes IQ.
Faktor-faktor yang memengaruhi kecerdasan,
antara lain:
1. Faktor bawaan atau Biologis, Faktor ini ditentukan
oleh sifat yang dibawa sejak lahir. Batas kesanggupan atau kecakapan dalam memecahkan
masalah ditentukan oleh faktor bawaan.
2. Faktor minat dan pembawaan yang khas, Minat
mengarahkan perbuatan kepada suatu tujuan dan merupakan dorongan bagi perbuatan
itu.
3. Faktor pembentukan atau lingkungan, Pembentukan
adalah segala keadaan di luar diri seseorang yang memengaruhi perkembangan intelegensi.
4. Faktor kematangan, Tiap organ dalam tubuh
manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
5. Faktor kebebasan, Manusia dapat memilih metode
tertentu dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Disamping kebebasan memilih metode,
juga bebas dalam memilih masalah yang sesuai dengan kebutuhannya.
Dr. Howard Gardner mengembangkan teori
macam-macam kecerdasan yang digunakan manusia untuk memecahkan masalahnya.
Teori macam-macam kecerdasan tersebut meliputi :
1. Kecerdasan berbahasa (Linguistic
Intelegence), Orang yang berbakat dalam bidang bahasa dapat mengerti dan menggunakan
bahasa dengan mudah. Mereka gemar membaca, menulis, mengingat informasi,
berbicara dan membuat kosa kata.
2. Kecerdasan Matematis-Logis
(Logical-Mathematical Intelegence), Siswa tipe ini menggunakan angka dan konsep
matematik dengan mudah. Mereka mamahami penjelasan abstrak dan sering tertarik pada
IPA. Mereka dapat mengenali pola dan sering mempunyai cara yang tak biasa dalam
memacahkan masalah, walaupun mereka tak dapat menjelaskan cara bekerja.
3.
Kecerdasan Spesial-Visual (Visual-Spasial Intelegence), Siswa ini mengerti
hubungan antara bentuk dan gambaran dalam berbagai ruang/bidang yang berbeda. Mereka
dapat dengan mudah menggambarkan secara artistic atasapa yang mereka lihat.
4. Kecerdasan Ritmis-Musikal
(Musical-Rhytmic Intelegence), Siswa ini sudah menjadi pembawaannya untuk selalu
mendengar bunyi dan nada. Mereka mempunyai pemahaman yang sangat baik terhadap irama,
mereka akan membuat “ketukan” setiap waktu dengan stik, pensil, kayu atau apa saja.
5. Kecerdasan Kinestik-Tubuh (Bodily-Kinesthetic
Intelegence), Siswa yang memiliki kecerdasan Kinestetik-tubuh dapat bergerak dengan
anggun, kuat dan lentur. Mereka mereka membutuhkan kesempatan untuk seringbergerak,
dan biasanya mereka menyukai permainan yang menggunakan gerakan.
6. Kecerdasan interpersonal (Interpersonal
Intelegence), Siswa dengan tipe ini dapat bekerjasama dengan baik dengan banyak
orang dan memimpin mereka, ia mudah mengerti dan menanggapi perasaan orang
lain.
7.
Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal
Intelegence), Siswa dengan tipe ini memahami dirinya lebih baik dari orang
lain. Mereka sangat termotivasi dengan tujuannya dan tidak terlalu peduli dengan
apa yang orang lain piker mengenai dirinya. Mereka dapat belajar dengan baik dan
dapat menghubungkan apa yang mereka ingin pelajari dengan apa yang telah ada dalam
dirinya.
8. KecerdasanNaturalis (Naturalist
Intelegence), Siswa dengan kecerdasan ini memiliki pengetahuan yang mengagumkan
mengenai alam, seperti flora dan fauna, mempunyai kemampuan dan kepekaan bagaimana
suatu benda dapat dimasukkan kesuatu kategori. Mereka senang ikan, kebun memasak
dan sangat teliti dalam mengamati apa yang menjadi perhatiannya.
Sumber :
https://mintotulus.wordpress.com/perangkat-susuai-pop-bk/materi-layanan-klasikal/
Komentar
Posting Komentar