REMAJA CERDAS DI ERA PANDEMI

 Materi Pembelajaran Ke-10  Untuk BK Kelas 8

* sebelumnya baca dan rangkum baik-baik


Assalamualaikum, WR.WB.

Meskipun sekarang kita sedang menghadapi masa-masa yang sulit. Tetap saja kita tidak apat bermalas-malasan. Karena kemalasan akan menyebabkan kita mengalami kemunduran yang merugikan bagi diri kita sendiri. Maka dari itu penting untuk kita tahu bahwa di era pandemi COVID-19 ini sebagai generasi remaja harus memberikan perubahan yang dapat memberi kebermanfaatan bagi diri senidiri.

Kenapa kita harus memulainya dari diri sendiri? Karena setiap langkah perubahan positif yang kita lakukan selalu membawa perubahan positif juga bagi orang yang berada disekitar kita, seperti keluarga, tetangga, teman, guru, bahkan orang-orang yang baru kita kenal.

Untuk dapat meraih hal-hal positif ada beberapa poin yang harus kalian ketahui, salah satunya yaitu :

1. Perbanyak Membaca Buku

Membaca buku secara rutin sangat dianjurkan bagi generasi millennal saat ini, apalagi minat baca dari anak muda di Indonesia masih sangat rendah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Most Littered Nation In the World 2016, dari total 61 negara, minat baca di Indonesia berada di peringkat 60. Hal ini tentu menjadi keprihatinan bersama, padahal dengan membaca buku setiap hari, wawasan yang diperoleh menjadi lebih luas dan hal tersebut akan merangsang kemampuan untuk berpikir secara kreatif. Apabila sulit untuk memulai kebiasaan membaca buku, kita bisa memilih buku-buku yang sederhana terlebih dahulu, seperti novel atau majalah-majalah remaja untuk lebih membiasakan diri, dan jangan lupa buku pelajaran.

2. Menggunakan Internet dan Media Sosial Secara Bijak

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi dan internet bisa membawa dampak positif maupun dampak negatif bagi kita. Apabila tidak hati-hati dalam penggunaannya, kita sebagai anak-anak muda dapat terjerumus ke hal-hal yang negatif, seperti mengunjungi situs-situs pornografi, membuka situs-situs radikalisme, atau salah dalam memilih teman dan komunitas di internet. Selain itu, generasi millennial juga harus bijak dalam menggunakan media sosialnya. Jangan sampai media sosial justru menjadi sarana untuk saling menghujat dan menjatuhkan satu sama lain atau untuk menyebarkan informasi hoax. Maka dari itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus mengambil dampak positifnya saja. Kita bisa menggunakan iternet untuk menambah bahan pembelajaran seperti mencari soal-soal jenis baru, membaca informasi yang penting, dll. Dari kemajuan teknologi akan kita rasakan ketika kita juga menggunakannya secara positif.

3. Bersikap Terbuka Terhadap Berbagai Pengalaman Baru

Di dunia yang semakin dinamis dan modern seperti saat ini, kita sebagai anak muda perlu membiasakan diri untuk terbuka dengan berbagai pengalaman baru. Kita bisa mengikuti berbagai macam aktivitas yang bermanfaat bagi kita, seperti bergabung dengan kegiatan ekstrakurikuler disekolah, ikut pengajian dirumah atau mengikuti ajang-ajang perlombaan. Aktivitas-aktivitas tersebut akan melatih diri kita untuk dapat berpikir lebih kreatif dan bergerak lebih aktif.

4. Rajin Berolahraga dan Membiasakan Diri untuk Bangun Pagi

Kelihatannya memang sepele, tetapi dua aktivitas tersebut memiliki dampak yang sangat positif untuk membantu kita menjadi anak muda yang lebih aktif, kreatif, dan inovatif. Dengan rajin berolahraga, kita memiliki banyak energi yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, kita menjadi lebih semangat dan terhindar dari rasa mager (malas gerak). Bangun pagi pun demikian, kebiasaan ini akan membantu otak kita menjadi lebih segar sehingga dapat memunculkan ide-ide yang kreatif bangun lebih. Dengan pagi, kita memiliki banyak waktu untuk beraktivitas secara positif dan mengembangkan berbagai ide yang ada di pikiran kita.

 

Nah itulah yang harus diperhatikan generasi remaja dalam masa pandemi COVID-19 ini ya, tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan. Janagn sampai sebagai generasi remaja tidak memiliki kemampuan dalam berjuang menyongsong masa depan ya.

 Wassalamualaikum, WR.WB.


Sumber

https://pustakabergerak.id/artikel/peran-dan-tantangan-pemuda-di-era-generasi-millenial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT MENJAGA KEBERSIHAN

Adab Sopan Mengirim Whatsapp (WA) Pada Guru

BAHAYA ROKOK DAN DAMPAKNYA