BAHAYA BERMAIN GAME ONLINE (Materi Bimbingan dan Konseling Kelas VIII)

 

Assalamualaikum wr. wb. 

kali ini ibu akan membahas materi mengenai game online yang kini marak dimainkan oleh banyak anak-anak disemua kalangan.

A. Game Online di Kalangan Siswa

1. Pengertian Game online

Game online atau sering disebut dengan  Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet), permaianan ini biasanya di mainkan secara bersamaan dengan pemain yang tidak terbatas banyaknya. Menurut Januar dan Turmudzi (2006:52) game online ialah sebagai game komputer yang dapat dimainkan oleh multi pemain melalui internet.

Menurut pendapat Samuel (2010:7) game online adalah permainan dengan jaringan, dimana interaksi antara satu orang dengan yang lainnya untuk mencapai  tujuan,  melaksanakan  misi,  dan  meraih  nilai  tertinggi  dalam  dunia virtual

Jadi  game online, merupakan suatu permainan yang dimainkan melalui komputer, laptop, atau bahkan smart phone yang memiliki jaringan atau akses internet. Dan biasanya game ini membutuhkan beberapa pemain agar saling terhubung dalam sebuah games yang ingin dimainkan.

 

2. Alasan Siswa Bermain Game Online

Menurut  pendapat Hanni dan Budhi (2015:36)  ada  tiga alasan menggunakan  internet yaitu  memberikan kesenangan dan  tantangan, menghilangkan  stress, dan mengisi waktu  luang.


a.Memberikan Kesenangan dan Tantangan

Banyak  oranmerasa  tidak  punya  kekuatan  di  masyarakat  tetapi  ketika mereka bermain game onlinemereka memiliki kekuata untuk mengendalikan tentara, kota, atau orang lain. Kekuatan ini membawa kegembiraan bagi  mereka dan memberikan kepuasan tersendiri

         b.Menghilangkan Stress

Bermain game online dapat mengendurkan ketegangan syaraf setelah melakukan aktivitas yang padat dan serius.

c. Mengisi Waktu Luang

     Gam online   sering      digunaka untuk   mengis wakt luang   setelah beraktifitayang   melelahkan.   Hal ini dapat menyegarkan pikiran yang penat.

 

3. Dampak Bermain Game online Bagi Siswa

    Game online selalu diyakini memberikan pengaruh negatif kepada para pemainnya. Hal ini terutama karena sebagian besar game yang adiktif dan biasanya  tentang kekerasan pertempuran dan berkelahi. Mayoritas orantua damedia berpikir dan  percaya bahwa permainamerusak otak anak-anak damempromosikan kekerasan diantara mereka.

Namun,  banyak  psikolog,  pakar  anak,  dan  para  ilmuwan  percaya  bahwa permainan   ini sebenarnya   bermamfaat   bagi pertumbuhan   anak-anak.   Jadi dapat disingkatkan bahwa terdapat dampak positif dan negatif bermain game online.

a. Dampak Positif

    Menurut Anhar (2010:27) Beberapa dampak positif bermain game online adalah sebagai berikut:        1)  Membantu perkembangan koordinasi tangan-mata, motorik, dan kemampuan spasial.

    2)  Meningkatkan  kemampuan  membuat  analisa,  keputusan  yang  cepat,  dan berpikir secara                  mendalam.

b. Dampak Negatif

Menurut Anhar (2010: 33), dampak negatif  dari game online ini  timbul karena, umumnya 89% dari game mengandung beberapa konten kekerasan. Menurut pendapat  Darma (2011:67) dampak negatif game online pada siswa atau anak-anak adalah sebagai berikut:

 

1)  Anak  lebih banyak  menghabiskan  waktu bermain game online pada jam- jam di luar sekolah.

2)  Konsentrasi    belajar  terganggu  karena  pikiran  siswa  cenderung mengarah pada permainan yang ada di dalam game online.

3)  Tertidur di sekolah.

4)  Sering melalaikan tugas dan  tanggungjawab  sebagai siswa.

5)  Nilai di sekolah menurun.

6)  Berbohong soal berapa lama waktu yang sudah dihabiskan untuk bermain game online.

7)   Lebih memilih bermain game dari pada bermain dengan teman.

8)  Menjauhkan    diri    dari    kelompok    sosialnya    (klub    atau    kegiatan ekstrakurikuler).

9)   Merasa cemas dan mudah marah jika tidak bermain game online.

 

    Berdasarkan   penjelasan   di atas,   maka dapat dipahami bahwa bermain game Online bagsiswcenderung lebih  banyak  memberikan  dampak  negatif dibandingkan dengan dampak positif.  Hal tersebut dapat dipahami karena game online lebih  banyak mengandung  muatan-muatan  kekerasan, dan  menyebabkan konsentrasi   siswa terganggu, jam belajar berkurang, dan isi dari game online tidak berkaitan langsung  dengan  materi pelajaran di sekolah.

 


B. Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa


Prestasi hasil  belajar  adalah  hasil  belajar  atau  perubahan  tingkah  laku yang  menyangkut  ilmu  pengetahuan, keterampilan  dan  sikap  setelah melalui proses tertentu, sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya (Moh. Surya, 2004:75). Prestasi hasil belajar juga terdampak oleh game online. Menurut Samuel (2010:67), game online   memberikan   dampak pada siswa, yaitu :

 

a. Anak  lebih banyak  menghabiskan  waktu bermain game online pada jam jam di  luar  sekolah.  Dengan  kondisi  ini,  maka  waktu    belajar    anak  menjadi semakin   berkurang. Siswa  yang    memiliki  waktu  bermain  lebih  banyak  cenderung  akan memiliki waktu belajar yang lebih sedikit, dan perolehan hasil belajar siswa cenderung rendah.

 

b. Konsentrasi   belajar   terganggu   karena   pikiran siswa cenderung mengarah pada permainan yang ada di dalam game online.

Menurut Samuel (2010:96), dalam belajar siswa membutuhkan pikiran yang terfokus pada materi pelajaran. Pikiran siswa  yang lebih banyak mengarah pada    hal-hal    yang tidak    berkaitan dengan materi pelajaran, akan menyebabkan     konsentrasi     belajar  siswa  menjadi  terganggu  yang  pada akhirnya akan menurunkan hasil belajar siswa.

 

c. Tertidur di sekolah.

Menurut Samuel (2010:111), dalam banyak kasus sering dijumpai siswa mengantuk atau tidur di dalam kelas. Umumnya keadaan siswa tersebut dipengaruhi oleh kondisi fisik siswa yang lemah, yang disebabkan oleh kurang tidur, terlalu lelah, atau siswa sedang sakit.Dampak  dari    semua  itu    akan    menyebabkan  siswa  tidak  atau  enggan mengikuti pelajaran dengan baik, sebagai akibatnya hasil belajar siswa tidak memuaskan.

 d. Sering melalaikan tugas dan tanggung jawab sebagai siswa.

Siswa yang telalu sibuk dengan urusan lain akan menyebabkan siswa melalaikan tugas sekolah. Bisa jadi siswa malas mengerjakan  tugas,  atau  lupa  mengerjakan  tugas.  Tugas  sekolah  bertujuan untuk membantu siswa memahami  materi pelajaran.

Siswa yang lupa dengan tugas sekolah yang harus dikumpulkan karena siswa telalh banyak membuang waktu untuk bermain game online.

Dampak  bermain  game  online  terhadap siswa  di  atas menunjukkan  bahwa game online tidak serta merta atau   secara langsung   berpengaruh terhadap hasil  belajar  siswa,  tetapi  permainan  game  online  akan  mempengaruhi beberapa faktor   penting   yang   secara langsung berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa game online akan berdampak atau berpengaruh negatif terhadap hasil belajar siswa.

Jadi sebagai siswa sudah sepatutnya kita untuk dapat mengatur waktu dalam situasi pandemi COVID-19 ini, agar tidak terjerumus kedalam bahaya bermain game online.

wassalammualaikum wr.wb

Password soal : 3030

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT MENJAGA KEBERSIHAN

Adab Sopan Mengirim Whatsapp (WA) Pada Guru

BAHAYA ROKOK DAN DAMPAKNYA