BAHAYA BERMAIN GAME ONLINE (Materi Bimbingan dan Konseling Kelas VIII)
Assalamualaikum wr. wb.
kali ini ibu akan membahas materi mengenai game online yang kini marak dimainkan oleh banyak anak-anak disemua kalangan.
A. Game Online di Kalangan Siswa
1. Pengertian Game online
Game online atau sering disebut dengan Online Games adalah sebuah
permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun
Internet), permaianan
ini biasanya di mainkan secara bersamaan
dengan pemain
yang tidak terbatas banyaknya. Menurut Januar dan Turmudzi (2006:52) game
online ialah sebagai game komputer yang dapat dimainkan oleh multi pemain melalui internet.
Menurut pendapat Samuel
(2010:7) game online adalah permainan dengan jaringan, dimana interaksi antara satu orang
dengan yang lainnya untuk
mencapai
tujuan,
melaksanakan misi,
dan meraih
nilai tertinggi dalam
dunia virtual
Jadi game online, merupakan suatu permainan yang dimainkan melalui
komputer, laptop, atau bahkan smart phone yang memiliki jaringan atau akses
internet. Dan biasanya game ini membutuhkan beberapa pemain agar saling
terhubung dalam sebuah games yang ingin dimainkan.
2. Alasan Siswa Bermain Game Online
Menurut pendapat Hanni dan Budhi (2015:36) ada tiga alasan menggunakan internet yaitu memberikan kesenangan dan tantangan, menghilangkan stress, dan mengisi waktu luang.
a.Memberikan Kesenangan dan Tantangan
Banyak orang merasa tidak punya kekuatan di masyarakat tetapi ketika mereka bermain game online, mereka memiliki kekuatan untuk mengendalikan tentara, kota, atau orang lain. Kekuatan ini membawa kegembiraan bagi mereka dan memberikan kepuasan tersendiri
b.Menghilangkan Stress
Bermain game online dapat mengendurkan ketegangan syaraf setelah melakukan aktivitas yang padat dan serius.
c. Mengisi Waktu Luang
Game online sering digunakan untuk mengisi waktu luang setelah beraktifitas yang melelahkan. Hal ini dapat menyegarkan pikiran yang penat.
3. Dampak Bermain Game online Bagi Siswa
Game online selalu diyakini memberikan pengaruh negatif kepada para pemainnya. Hal ini terutama karena sebagian besar game yang adiktif dan biasanya tentang kekerasan pertempuran dan berkelahi. Mayoritas orang tua dan media berpikir dan percaya bahwa permainan merusak otak anak-anak dan mempromosikan kekerasan diantara mereka.
Namun, banyak psikolog, pakar anak, dan para ilmuwan percaya bahwa permainan ini sebenarnya bermamfaat bagi pertumbuhan anak-anak. Jadi dapat disingkatkan bahwa terdapat dampak positif dan negatif bermain game online.
a. Dampak Positif
Menurut Anhar (2010:27) Beberapa dampak positif bermain game online adalah sebagai berikut: 1) Membantu perkembangan koordinasi tangan-mata, motorik, dan kemampuan spasial.
2) Meningkatkan kemampuan membuat analisa, keputusan yang cepat, dan berpikir secara mendalam.
b. Dampak Negatif
Menurut Anhar (2010: 33), dampak negatif
dari game online ini timbul karena, umumnya 89% dari game mengandung beberapa konten kekerasan. Menurut pendapat Darma (2011:67)
dampak
negatif game online pada siswa atau anak-anak
adalah sebagai berikut:
1) Anak
lebih banyak
menghabiskan
waktu bermain game online pada jam- jam di luar
sekolah.
2) Konsentrasi
belajar terganggu
karena pikiran siswa
cenderung mengarah
pada
permainan
yang ada di dalam game online.
3) Tertidur
di
sekolah.
4) Sering melalaikan tugas dan tanggungjawab sebagai siswa.
5) Nilai di sekolah menurun.
6) Berbohong soal berapa lama waktu yang sudah dihabiskan untuk bermain game online.
7) Lebih memilih
bermain game dari pada bermain
dengan teman.
8) Menjauhkan diri
dari kelompok sosialnya (klub atau
kegiatan
ekstrakurikuler).
9) Merasa cemas dan
mudah marah
jika tidak bermain game online.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat dipahami bahwa bermain game Online bagi siswa cenderung lebih banyak memberikan dampak negatif dibandingkan dengan dampak positif. Hal tersebut dapat dipahami karena game online lebih banyak mengandung muatan-muatan kekerasan, dan menyebabkan konsentrasi siswa terganggu, jam belajar berkurang, dan isi dari game online tidak berkaitan langsung dengan materi pelajaran di sekolah.
B. Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa
Prestasi hasil
belajar adalah hasil
belajar
atau perubahan
tingkah laku
yang menyangkut ilmu
pengetahuan, keterampilan
dan sikap
setelah
melalui
proses tertentu, sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya (Moh. Surya, 2004:75). Prestasi hasil belajar juga terdampak oleh game online. Menurut Samuel (2010:67), game online
memberikan dampak pada siswa, yaitu
:
a. Anak
lebih banyak menghabiskan waktu bermain game online pada jam jam di luar sekolah. Dengan
kondisi ini, maka
waktu belajar
anak menjadi
semakin berkurang. Siswa
yang memiliki waktu
bermain lebih
banyak cenderung akan memiliki waktu belajar yang lebih sedikit, dan perolehan hasil belajar siswa cenderung rendah.
b. Konsentrasi belajar terganggu karena pikiran siswa cenderung mengarah
pada
permainan
yang ada di dalam game online.
Menurut Samuel (2010:96),
dalam belajar
siswa membutuhkan
pikiran
yang terfokus pada materi pelajaran. Pikiran siswa yang lebih banyak mengarah pada hal-hal yang tidak berkaitan dengan materi pelajaran, akan
menyebabkan
konsentrasi belajar siswa
menjadi terganggu yang
pada akhirnya akan
menurunkan hasil belajar
siswa.
c. Tertidur di sekolah.
Menurut
Samuel (2010:111), dalam banyak kasus sering dijumpai siswa mengantuk atau
tidur di dalam kelas. Umumnya keadaan siswa tersebut dipengaruhi oleh kondisi
fisik siswa yang lemah, yang disebabkan oleh kurang tidur, terlalu lelah, atau
siswa sedang sakit.Dampak dari semua
itu akan menyebabkan
siswa tidak atau
enggan mengikuti pelajaran dengan baik, sebagai akibatnya hasil belajar
siswa tidak memuaskan.
Siswa
yang telalu sibuk dengan urusan lain akan menyebabkan siswa melalaikan tugas
sekolah. Bisa jadi siswa malas mengerjakan
tugas, atau lupa
mengerjakan tugas. Tugas
sekolah bertujuan untuk membantu
siswa memahami materi pelajaran.
Siswa
yang lupa dengan tugas sekolah yang harus dikumpulkan karena siswa telalh banyak
membuang waktu untuk bermain game online.
Dampak bermain
game online terhadap siswa di
atas menunjukkan bahwa game
online tidak serta merta atau secara
langsung berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa,
tetapi permainan game
online akan mempengaruhi beberapa faktor penting
yang secara langsung berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa game online
akan berdampak atau berpengaruh negatif terhadap hasil belajar siswa.
Jadi sebagai siswa sudah sepatutnya kita untuk dapat mengatur waktu dalam situasi pandemi COVID-19 ini, agar tidak terjerumus kedalam bahaya bermain game online.
wassalammualaikum wr.wb
Password soal : 3030
Komentar
Posting Komentar