TATA TERTIB SEKOLAH


A. Pengertian

Tata tertib sekolah adalah aturan-aturan yang harus atau wajib ditaati di sekolah agar proses kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik. Tata tertib bertujuan untuk membantu siswa siswi memperoleh prestasi belajar yang maksimal.

Tata tertib hampir terdapat pada setiap sendi kehidupan. Baik di dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, masyarakat maupun berbangsa dan bernegara. 

Tata tertib hampir sama seperti hukum, yang mengatur segala tingkah laku, perbuatan manusia dalam lingkungannya. Seperti halnya tata tertib disekolah, tata tertib yang berjalan baik tentu akan menciptakan kedamaian dan kerukunan dalam hidup bersama. Tata tertib juga dapat menjamin keseimbangan antara hak dan kewajiban warga sekolah satu dengan yang lainnya.

Dengan adanya tata tertib diharapkan warga sekolah dapat  hidup rukun dan harmonis. Tata tertib dibuat agar warga sekolah dapat saling menghargai dan mengormati antara satu dengan yang lainnya. Sehingga tata tertib memiliki peran penting dalam menjaga ketenangan di lingkungan masyarakat.

B. Manfaat Tata Tertib

Pada dasarnya setiap tata tertib dimana pun berada  memiliki banyak manfaat, baik yang dirasakan langsung maupun tidak langsung baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitarnya. Berikut adalah manfaat dari tata tertib:

1. Menjaga kenyamanan lingkungan

Tata tertib dilingkungan mana pun tentu akan memberikan manfaat menjaga kenyamanan lingkungan. Dengan adanaya tata tertib semua aktivitas individu akan terkontrol. Dengan demikian akan meminimalisir perilaku yang merugikan lingkungan sehingga kenyamana lingkungan akan terjaga.

2. Menghilangkan kecemburuan sosial

Tata tertib merupakan aturan yang mengatur perilaku setiap individu. Tata tertib juga menjamin kesamaan hak dan kewajiban antara individu satu dengan individu yang lain. tanpa kita sadari tata tertib juga memiliki manfaat untuk menggilangkan kecemburuan sosiial. Dihadapan hukum, aturan, tata tertib setiap individu memiliki kedudukan yang sama sehingga tidak ada perlakuan khusus yang akan menimbulkan kecemburuan sosial. 

3. Meningkatkan rasa kebersamaan

Tata tertib baik dilingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat akan meningkatkan rasa kebersamaan. Apabila itu adalah tata tertib dalam masyarakat maka akan meningkatkan rasa kebersamaan antar anggota masyarakat, begitu pula di lingkungan sekolah maupun keluarga.

Adanya  kegiatan yang memiliki peraturan sama bagi setiap individu, maka akan tumbuh sebuah rasa kebersamaan didalam dirinya. Dengan demikian, akan mucul ikatan yang erat, rasa saling menolong dan gotong royong.

C. Contoh Tata Tertib di Sekolah

1. Datang tepat waktu (pukul 06.55 WIB)

2. Mengenakan seragam yang telah ditentukan 

3. Dilarang membuat kericuhan di sekolah

4. Mengerjakan tugas yang diberikn guru dengan baik

5. Tidak menggunakan perhiasan dengan berlebihan

6. Tidak membuat kericuhan di sekolah

7. dilarang berkata kasar (menghina) guru, staf tata usaha, dan karyawan

8. dilarang melakukan hal-hal yang dapat mencemarkan nama baik sekolah

9. Dilarang membawa perhiasan yang berlebihan

10. Dilarang merusak peralatan sekolah


Semoga berhasil


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT MENJAGA KEBERSIHAN

Adab Sopan Mengirim Whatsapp (WA) Pada Guru

BAHAYA ROKOK DAN DAMPAKNYA